Sungai Bawah Laut (Cenote Angelita, Mexico)

29 03 2010

kalian dah pada taukan mengenai sungai dibawah laut yg kemaren2 sempet diberitakan itu?????

ne beberapa foto yg gw punya:

itu yang lg nyelem gw (tp muka gw gk kliatan, ^^ )

itu gw lg boker di sungai, hehehehe (just kidding…^^)

gw serasa terbang saat tu..ckckckck…^^

Pasti dalam bayangan kalian yg blm sempat liat langsung lokasinya kaya apa ( liat aja lewat google earth, ne koordinatnya 20° 8′ 15.01″ N 87° 34′ 40.67″ W ) pasti udah mikirnya tu lokasi kaya ditengah lautan luas trus didasar lautnya ada sungainya gt kn?! SALAH!

ini dia yang sebenarnya: ————>>

ini fotonya dari bibir lubangnya:

lebih mirip kaya empang ya, hehehe…tp didalamnya, wuih cantik bener…^^

Ternyata bentuk sebenarnya dari “sungai bawah laut” itu lebih mirip seperti, telaga yang diameternya sekitar 10 meter, tu telaga emang berada gak jauh dari pesisir pantai yang jaraknya sekitar beberapa kilometer saja dari bibir pantai, dahulunya daerah sekitaran lokasi “sungai bawah laut” ntu merupakan bekas daerah yang tertutupi air laut, bisa dibilang tu lokasi pernah terbenam oleh air laut namun akhirnya lama-kelamaan surut dan meninggalkan genangan air laut yang tersisa hingga mencapai kedalaman puluhan meter lebih di dasar lubang yang kini menjadi lokasi si “sungai bawah laut” itu, dan sampai sekarang airnya masih terasa asin, lokasi ini menjadi salah satu spot diving yang terkenal di kalangan penyelam kelas dunia.

Para penyelam yang menyelam disana gak sengaja menemukan lokasi yang jalur masuknya hanya lubang berdiameter 10 meteran itu didalamnya ternyata sangat luas mirip seperti gua yg di penuhi dg air, cuma bedanya disana seperti  jenis ikan-ikanan sangat jarang ditemukan dan didasarnya tepatnya sekitar 60 meter dibawah permukaannya ditemukan lapisan berwarna kecoklatan yang terlihat seperti keruhnya air sungai dan potongan-potongan ranting kayu sehingga terkesan nampak seperti sungai yang berada dibawah laut.

Menurut penelitian warna kecoklatan seperti air sungai tu merupakan lapisan gas hidrogen sulfida, namun warna kecoklatan itu bukan berasal dari air tawar. Katanya, bagian kecoklatan yang mirip air sungai ntu adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfide atau H2S. Gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran (kaya air selokan gitu).

So air keruh itu sebenarnya gak berbahaya buat manusia or penyelamnya namun lain halnya buat hewan2 laut lainnya sejenis ikan, tu jg sebabnya gak ada di temukan jenis ikan yang berenang didasarnya.

nah jadi jelaskan sekarang kalo sungai bawah laut yang di beritakan tu aslinya seperti apa….

buat lebih jelasnya seperti apa lokasi sungai bawah laut tu di liat dari udara, searching aja di google earth lewat koordinat yang udh gw kasiin diatas tadi.

ne gw liatin salah satu videonya, cekidot y!


Actions

Information

3 responses

29 03 2010
alice pngen .....

wew

29 03 2010
nEy

salam kenal yap… ^^

10 12 2010
ade

woy pak bro.. kok iso ente puny artikel yg sm ky ane.. hehe tau g cep klo artikel tu yg de pke saat lomba poster n esai beberapa bulan lalu.. dan walhasil juara pertama.. yaks..yaks..yaks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: